MOTOTRBO – Software Program Motorola

2 min read

Radio komunikasi seperti Handy Talky (HT) maupun radio Rig sampai saat ini masih menjadi alternatif yang cocok bagi banyak perusahaan maupun pehobby rakom. Bagi perusahaan, rakom masih dianggap menguntungkan karena untuk penggunaannya tidak dibutuhkan biaya pulsa, kuota ataupun tagihan pasca bayar. Salah satu keuntungan inilah yang hingga sekarang membuat produsen radio komunikasi masih tetap eksis.

Radio rig umumnya memiliki power yang lebih besar dibandingkan radio HT, dan jangkauan komunikasinya pun lebih jauh dari pada radio HT yang umumnya sangat tergantung kondisi lingkungan. Masing-masing produsen radio komunikasi terus berlomba mengunggulkan produk-produknya dengan spesifikasi teknis yang diselaraskan dengan pesatnya kemajuan teknologi.

Brand radio komunikasi yang banyak dipakai oleh perusahaan bonafide adalah Motorola meskipun ada beberapa brand lain yang mulai merambah user perusahaan. Sebenarnya bukan hanya perusahaan bonafide saja yang motorola minded, tetapi banyak juga pehobby rakom yang berpandangan demikian. Admin sendiri pernah mempunyai 2 unit Motorola XIR M3688 VHF bekas yang sudah berpindah tangan di sebuah perusahaan di Semarang. Dan sekarang masih ada 2 unit Motorola XIR M8268 VHF, dimana yang satu terpasang di kendaraan dan satunya di homebase station.

Type XIR banyak diburu pehobby rakom maupun perusahaan. Dengan radio type XIR kita bisa berkomunikasi dengan mode analog maupun mode digital. Pada frekuensi yang sama, komunikasi digital tidak akan bisa diterjemahkan seperti saat komunikasi pada mode analog (alias ga bisa disadap). Itu baru salah satu kelebihan di samping banyak kelebihan yang lain tentunya. Dengan salah satu lasan tersebut, para pengguna rakom saat ini sudah mulai banyak berpindah ke radio komunikasi type XIR. Kelebihan lainnya, dengan antena dan settingan yang pas pada radio membuat lawan bicara tidak menyangka kalau sedang transmit pada station bergerak… saking silent-nya lingkungan.

Yang menjadi keraguan mungkin karena untuk setting radio khususnya Motorola harus menggunakan kabel program dan software programnya. tentunya dibutuhkan PC. Sebenarnya, untuk kabel program dan softwarenya banyak tersedia di toko online, dan harganya mungkin yang bikin menimbulkan keraguan. Ada harga ada rupa, begitu pepatah bilang. Cara settingan radio menggunakan software juga banyak tutorialnya di mbah Google dan mbak Youtube. Kalau malas pergi ke sana silakan untuk program software radio Motorola type XIR bisa didownload di sini. Dari pengalaman penulis, untuk Motorola type XIR bisa menggunakan software itu.

Ok sahabat RAPI Pemalang, semoga bermanfaat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours