Waluyo S. Utomo – JZ11HWB, Ketua RAPI Wilayah 13 Kabupaten Pemalang Masa Bhakti 2023-2027

3 min read

Moment empat tahun sekali yang sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota RAPI Wilayah 13 Kabupaten Pemalang akhirnya terlaksana juga pada hari Ahad tanggal 5 November 2023. Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII RAPI Wilayah 13 Kabupaten Pemalang yang diselenggarakan di Aula Sanggar Pramuka Kwarcab Pemalang telah terlaksana dengan aman, lancar dan sukses.

Bertempat di ruang yang sederhana, para peserta Muswil dengan tekun mengikuti acara persidangan dari awal hingga akhir. Muswil yang diselenggarakan dengan menerapkan Peraturan Organisasi (PO) RAPI yang terbaru yaitu PO Nomor 4 Tahun 2022 terasa baru bagi anggota RAPI Pemalang khususnya bagi peserta Muswil sebagai utusan dari masing-masing RAPI Lokal (dari 6 Lokal, yang hadir 5 Lokal).

Penyelenggaraan Muswil yang terasa masih banyak kekurangan dalam penyelenggaraan maupun persidangan ini oleh Pengurus Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah dimaklumi dan dianggap sebagai proses pembelajaran terutama bagi anggota RAPI Pemalang yang sebagian besar (68%) merupakan anggota baru.

“Bisa dimaklumi mas, memang harus pelan-pelan dan bertahap untuk menerapkan proses pembelajaran bagi anggota,” ujar Yuli Christyono – JZ11CST Sekretaris RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah ketika salah satu mantan pengurus RAPI Pemalang memohon maaf saat acara pembukaan mengalami ketersendatan.

Sidang demi sidang dalam Muswil berjalan lancar dengan masukan dan arahan dari Pengda. Sedangkan pada persidangan yang dinanti-nanti oleh peserta Muswil yaitu Pemilihan Ketua RAPI Wilayah 13 Kabupaten Pemalang untuk masa bhakti 2023-2027, Kepala Biro Organisasi dan SDM Pengda RAPI Jawa Tengah memandu proses pemilihannya. Muncul dua kandidat yaitu Waluyo S. Utomo-JZ11HWB dan Mahripudin, ST – JZ11CAC dengan perolehan 4 (empat) suara atau 4 (empat) RAPI Lokal memilih JZ11HWB dan satu suara RAPI Lokal memilih JZ11CAC, sehingga ditetapkan Waluyo S. Utomo – JZ11HWB terpilih sebagai Ketua Wilayah RAPI Wilayah 13 Kabupaten Pemalang untuk masa bhakti 2023-2027.

Selanjutnya kepengurusan RAPI Wilayah 13 Kabupaten yang dibentuk oleh Tim Formatur, pada hari yang sama dilantik dan diambil sumpahnya oleh H. Abdul Manan, SE, MM – JZ11HAM selaku Ketua Daerah RAPI Daerah 11 Provinsi Jawa Tengah. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi mencium Bendera Merah Putih dan Bendera RAPI sebagai bentuk kesetiaan pada NKRI dan organisasi RAPI.   

“Setelah SK Kepengurusan Wilayah terbit, segeralah merapat ke pemerintah daerah dan daftarkan RAPI Wilayah 13 Kabupaten Pemalang sebagai salah satu ormas di Kesbangpol,” pesan Abdul Manan dalam arahannya kepada kepengurusan wilayah yang baru dilantik.

Wajah-wajah peserta, panitia, tamu undangan dan para supporter Muswil yang tadinya nampak lusuh akhirnya bisa tersenyum gembira setelah Muswil dinyatakan selesai dan ditutup.

“Mudah-mudah dengan kepengurusan yang baru, RAPI Wilayah 13 Kabupaten Pemalang menjadi lebih maju dan lebih baik,” demikian harapan War’an – JZ11CRN Sekretaris RAPI 02 Logasari setengah membisik pada salah seorang pengurus wilayah yang terpilih.

Hal senada juga diungkapan secara sportif oleh Teguh Waluyo – JZ11RUA Ketua RAPI Lokal 04 Coabul meskipun kandidatnya tidak terpilih sebagai ketua wilayah dalam Muswil VIII kali ini. (Ahad/05112023/JZ11SDJ).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours