Sarasehan Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Pantura Barat

2 min read

Pada hari Ahad tanggal 19 November 2023, dua utusan dari RAPI Pemalang yaitu Yayan Mapturohman – JZ11CNP dan Bagiyo Apriyanto – JZ11SDJ masing-masing selaku Wakil Ketua II dan Sekretaris RAPI Wilayah 1113 Kabupaten Pemalang menghadiri undangan sarasehan dari Koordinator Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) Pantura Barat di Markas PMI Kabupaten Pekalongan di Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Forum yang merupakan wadah dari semua organisasi yang berkecimpung dalam kepedulian kemanusiaan, kebencanaan, pencarian dan pertolongan ini dilakukan dalam rangka mengevaluasi kegiatan selama tahun 2023 dan menginventarisir rencana kegiatan untuk tahun 2024.

FKP3 Pantura Barat meliputi organisasi di luar organik pemerintahan dari 5 (lima) kabupaten/kota yaitu Kabupaten Tegal dan Kota Tegal, Kabupaten Pemalang, serta Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan. Tercatat sebanyak 64 organisasi yang diundang dan pada hari yang sama telah tergabung organisasi lain yaitu Gupala (Guci Pecinta Alam) sehingga menambah keanggotaan di FKP3.

Dalam sarasehan tersebut nampak hadir Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Semarang, bapak Heru Suhartanto didampingi Pelaksana BPBD Kabupaten dan Kota Pekalongan, serta Koordinator FKP3 Pantura Barat Ir. R. Abdullah Musa, M.Si.

Dalam sambutannya Heru menyampaikan bahwa FKP3 bukanlah organisasi tetapi forum yang mewadahi organisasi-organisasi non organik pemerintah yang berpotensi dalam hal pencarian dan pertolongan (SAR=Search And Rescue). “Jumlah organik kami terbatas, jadi kami butuh dukungan saat melakukan operasi pencarian dan pertolongan”. Heru kemudian menekankan, “Dan untuk menjadi relawan pendukung, kami tentunya membutuhkan relawan yang benar-benar punya potensi dalam SAR. Sebagai contoh, kami tidak mengajari relawan berenang tetapi melatih bagaimana cara berenang dalam sebuah SAR. Jadi mohon kepada teman-teman organisasi jika mengirimkan relawannya ya yang benar-benar siap dan berpotensi dalam pencarian dan pertolongan.”

Dalam sarasehan yang berlangsung hingga sore hari itu, meskipun Musa meminta ada pergantian koordinator namun secara aklamasi seluruh organisasi yang hadir masih menetapkan Ir. R. Abdullah Musa, M.Si sebagai Koordinator FKP3 Pantura Barat.

Pekerjaan rumah bagi RAPI Pemalang untuk lebih berperan dalam potensi pencarian dan pertolongan selaras dengan amanat dalam AD/ART RAPI. (19-11-2023/JZ11SDJ).

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours