El Nino adalah fenomena atmosfer yang disebabkan oleh peningkatan suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian timur. Peningkatan suhu ini membuat berkurangnya udara basah yang dibawa ke wilayah Indonesia. Dengan demikian, udara yang masuk ke wilayah Indonesia relatif kering dan membuat beberapa perubahan seperti curah hujan yang berkurang, tutupan awan yang berkurang, dan suhu yang semakin tinggi.

Fenomena iklim El Nino yang berkepanjangan telah berdampak pada penurunan curah hujan di sebagian besar wilayah di Indonesia, tidak terkecuali wilayah Kabupaten Pemalang. Pada beberapa lokasi bahkan telah mengalami kekeringan dan kekurangan sumber mata air bersih seperti di beberapa desa di Kecamatan Pulosari. Kekurangan air bersih telah membuat penderitaan sebagian besar penduduk di kawasan dataran tinggi yang berada di wilayah Pemalang bagian selatan ini.

Penderitaan masyarakat tersebut telah menggerakkan hati seluruh anggota RAPI Lokal Moga-Pulosari atau lebih dikenal dengan LOGASARI. Dengan donasi kunteng (rukun dadi enteng) dan kas yang ada, pada hari Minggu tanggal 1 Oktober 2023 RAPI LOGASARI mengadakan Bantuan Sosial (Bansos) dengan mendistribusikan air bersih sebanyak 6 armada berisi air bersih untuk 6 (enam) titik lokasi yaitu di Desa Cikendung, Desa Pagenteran, Desa Siremeng, Dukuh Tumbu, Desa Batursari dan Dusun Batursari Kacip.

Masyarakat berbondong-bondong membawa jerigen, ember dan penampung lainnya untuk menampung air bersih bantuan dari RAPI LOGASARI. Mereka tersenyum bahagia dan berterima kasih kepada bapak ibu anggota RAPI LOGASARI yang mengawal dropping air bersih.

Sementara itu Ketua RAPI LOGASARI Hufron JZ11SDO pada kesempatan istirahat menyampaikan, “Kami merasakan penderitaan masyarakat sekitar terhadap kekurangan air bersih sehingga anggota RAPI LOGASARI tergugah kepeduliaannya, mudah-mudahan lokal lain juga tergerak dan memulai membangun kepedulian kemanusiaan terutama pada lingkungan sekitar”.

Dana bansos yang diwujudkan dalam bentuan bantuan air bersih sendiri menurut Hufron murni bersumber dari donasi dan kas lokal anggota RAPI LOGASARI. Sementara itu di akhir perbincangan Hufron memohon doa agar giat peduli kemanusiaan dapat terus dilakukan pada masa mendatang.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours